Thursday 22 May 2014

HUKUM TABUR TUAI


2 KORINTUS 9 : 6
“ Camkanlah ini : Orang yang menabur sedikit akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak akan menuai banyak juga.”

Dalam hal bercocok tanam, kita pasti tahu tentang hukum tabur tuai. Jika kita menabur benih jagung, maka akan tumbuh batang jagung dan menghasilkan jagung. Jika kita menabur benih cabe, maka akan tumbuh batang cabe. Bahkan satu benih saja bisa menghasilkan banyak buah.
Sebenarnya kita tidak mengerti sepenuhnya, bagaimana tanah bisa memberi kehidupan kepada benih itu. Karena jika benih itu kita taruh di batu atau kita letakkan di jalan, benih itu tidak akan tumbuh. Bahkan jika diletakkan di dalam air, benih itu akan membusuk. Tapi, jika benih itu ketemu tanah, ada satu kehidupan yang terjadi. Inilah campur tangan Tuhan yang ajaib melalui Hukum Tabur Tuai.
Ada 3 Prinsip Hukum Tabur Tuai

     1.  Berkorban
Sebelum benih itu tumbuh, ia harus mati terlebih dahulu, ini dapat diartikan sebagai suatu pengorbanan. Tuhan Yesus Kristus saja harus mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Saat menabur bukanlah saat-saat yang menggembirakan, Dimana kita harus bercucuran keringat dan derai air mata untuk terus berbuat baik, menjadi berkat bagi orang lain dan selalu mematuhi perintah Tuhan. Mazmur 126:5-6, “ Orang-orang yang menabur dengan mencucukan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai. Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak sorai sambil membawa berkas-berkasnya.”

     2. Waktu
Dari proses penaburan benih hingga tumbuh sampai menghasilkan buah membutuhkan waktu. Baik tidaknya hasil dari buahnya pun tergantung dari kualitas benihnya, kualitas tanahnya, kualitas pemeliharaannya dan perawatannya. Hal ini mengajarkan kepada kita, bahwa tidak ada yang instan di dunia ini, semuanya harus melalui proses, memerlukan kesabaran dan ketekunan. Kecuali jika Tuhan sudah berkenan mempercepat pertumbuhannya seperti pohon jarak Yunus yang tumbuh hanya semalam. (Yunus 4:6,10)

     3. Berlipat Ganda
Dari satu biji benih akan tumbuh pohon yang menghasilkan banyak buah. Perbuatan baik yang kita lakukan, ketaatan kita kepada Tuhan yang selalu kita pertahankan akan mendapat balasan baik dari Tuhan dengan sangat Luar Biasa. Tetaplah berjalan bersama Tuhan, hidup kita akan diberkati. Mulailah menabur hal-hal baik dalam segala hal di hidup anda. Dan alamilah kasih Tuhan yang luar biasa dalam hidup anda.

2 comments:

  1. Orang yang selalu menabur dia pasti menuai.apa yang ditabur itu juga yang dituai.Dia menabur yang baik dia menuai yang baik juga, tapi apbila dia menambur kejahatan maka dia menuai kejahatan juga. taburlah yang baik agar kita menuai yang baik dari Tuhan Yesus. Amin. JBU

    ReplyDelete
  2. Siapapun itu tidak terkecuali kalau dia menabur kebaikan pasti menuai kebaikan. Juga di bumi...

    ReplyDelete