Tuesday 21 August 2012

Pohon Ara yang Tidak Berbuah

Lukas 13 : 6 - 9

Ada beberapa hal menarik dari perumpamaan tentang pohon ara ini. Pertama, pohon ara tersebut dengan sengaja dibiarkan tumbuh di tengah-tengah kebun anggur. Hal ini bukan karena si pemilik merasakan manfaat dari pohon ara tersebut. tapi si pemilik memberi waktu untuk terus bertumbuh, siapa tau suatu saat nanti pohon itu akan berbuah sesuai harapannya. Jangan anggap, waktu yang diberikan Tuhan saat ini sebagai hadiah atau bonus. Karena bisa saja waktu yang diberikan Tuhan saat ini supaya kita bertobat dari dosa dosa kita dan berjalan sesuai kehendak Tuhan.

Ada 3 gambaran tentang pertobatan :
1. sadar telah berbuat salah
2. penyesalan
3. perubahan

Namun kebanyakan manusia hanya sampai di nomer 2 saja. Sadar dan menyesal tapi mengulangi kesalahan yang sama lagi. Kita perlu melakukan koreksi diri dan doa pengampunan setiap hari, karena kita tidak tau kapan kita mati. Hal ini bukan pertobatan sebagai bentuk lahir baru, tapi pengakuan salah dan penyerahan diri kepada Tuhan untuk di ampuni dan di ubah secara bertahap terus menerus. Bertobat dan mengakui kesalahan kepada Tuhan harus di lakukan setiap hari karena itu ibarat sebuah rem dalam kita menjalani kehidupan kita di dunia yang penuh godaan dan cobaan ini.

Pohon ara tersebut diberi kesempatan untuk menghasilkan buah. Pemilik anggur itu memberikan seluruh tenaganya untuk memupuk dan menggali saluran air di sekeliling pohon ara itu. Namun jika tetap tidak berbuah juga, pohon itu akan di tebang. Tidak ada lagi kesempatan kedua. Tuhan bersifat kasih, tapi jangan memandang kasih itu bisa menutupi dosa dosa yang telah kita perbuat atau menjadi ijin bagi kita untuk bersenang senang dalam dosa. 

Hiduplah dalam Iman. Iman itu seperti benih yang hidup, yang ditaburkan. Iman itu akan berakar kuat pada diri Allah, bertumbuh dalam pelayanan Nya dan berbuah menjadi berkat bagi orang lain yang memuliakan nama Tuhan.

2 comments:

  1. Shalom. Renungan yang sangat menginspirasi.
    Salam saya
    AGUS SUSANTO
    Anda membutuhhkan slide-slide powerpoint khotbah?
    Silakan kunjungi
    KURNIA MEDIA NET
    KLIK DISINI

    ReplyDelete
  2. gambaran Pemilik pohon anggur itu siapa?
    dan pengurus kebun anggur itu siapa?

    ReplyDelete