Selasa, 16 Oktober 2012

Ujian Iman

Ibrani 4 : 15
"Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa."

Saat ini kita sedang masuk dalam masa-masa akhir jaman. Dimana iman setiap orang percaya diuji dan dimurnikan (Daniel 12 : 1a). Iman yang sejati harus berhasil di uji dan dimurnikan. 

1. Lewat ujian iman berarti kita sedang dipromosikan Allah.
    Otoritas dan kuasa datang terlebih dahulu dengan adanya ujian iman. Contoh: Yusuf selama 13 tahun mengalami berbagai macam ujian ( ditolak, dibenci, direndahkan, dibuang, difitnah dan dilupakan. ) Dan Yusuf lulus melalui semua itu dan semua kesengsaraan itu membawanya kepada promosi Allah. (Kejadian 41 : 37-57) Allah melihat kualitas iman Yusuf yang luar biasa itu, sebab disaat mengalami hal-hal yang tidak baik dalam hidupnya, dia tidak kecewa dan tidak menyalahkan Tuhan. Tetapi justru memandang semua masalah dengan cara positif. 
Kejadian 50:20 "Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar."

2. Ujian Iman datang merupakan kesempatan emas untuk kita belajar dari Allah.
    Dengan membaca alkitab kita akan menemukan solusi dari setiap ujian yang kita hadapi. Dan kita bisa belajar dari guru Agung kita " Tuhan Yesus ". Saat masih di dunia, sebagai manusia Ia juga mengalami berbagai macam ujian dan cobaan yang sangat berat sekali. Namun Tuhan Yesus tak pernah gagal. Ibrani 4:14 "Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita."

3. Ujian Iman akan membawa kita untuk bisa merasakan kuasa dan kasih Tuhan. Semakin besar masalah yang kita hadapi, semakin besar pula mujizat yang akan dinyatakan Tuhan kedalam hidup kita. Asalkan kita mau berserah kepada Tuhan sepenuhnya.

4. Ujian Iman akan membuktikan kasih setia kita kepada Tuhan.
    Dengan berbagai ujian yang kita alami, akan terbukti apakah kita semakin menjauh dari Tuhan,    atau malah semakin dekat dengan Tuhan. Karena dengan masalah hidup yang kita hadapi membuat kita semakin menyadari bahwa Allah tidak pernah meninggalkan kita. Pertolongannya tidak pernah terlambat. karena itu kita harus tetap tekun beriman sampai pada akhirnya.
1 Yohanes 4 : 19 "Kita mengasihi Allah, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita."

5. Ujian Iman merupakan peluang kita untuk berbalik pada Tuhan.
    Dengan ujian yang kita alami, akan menyadarkan kita bahwa Tuhan lah satu-satunya jawaban untuk semua masalah kita. Bukan dengan harta, kepandaian, atau kekuasaan yang membuat kita berhasil mengatasi masalah. Tetapi hanya dengan berserah kepada Tuhan, maka segala kesukaran hidup yang kita alami teratasi. Pandanglah Dia, sebab Dia lebih besar dari semua masalahmu. Tuhan  Yesus memberkati.
.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar